Traveling to Cipir, Kelor, and Onrust Islands

Agustus 23, 2017
19 – 20 Agustus 2017 kami mengadakan open trip ke tiga pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta yakni Pulau Kelor, Onrust, dan Kelor. Trip ketiga pulau ini merupakan trip termurah dibandingkan dengan trip di kepulauan seribu yang lain, dimana kita bisa menjelajahi 3 pulau sekaligus dengan kisaran harga 90.000/orang include makan siang, air minum, kapal jelajah, tiket masuk pulau dan tour leader. Perjalanan menuju pulau ini bisa ditempuh dari stasiun Rawa Buaya menuju Dermaga Kamal Muara dengan menaiki angkot 06 atau bisa juga dengan ojek/taksi online, kemudian dari Dermaga ini kita mulai melakukan penyeberangan menggunakan perahu sekitar 30 menit ke Pulau Kelor, Pulau Onrust kemudian Pulau Cipir sebagai destinasi terakhir.

Pulau Kelor
Bagi saya, pulau kelor merupakan pulau terbagus diantara ketiga pulau, dengan pasir putih disepanjang pantai. Pulau kelor merupakan pulau terkecil bila dibandingkan dengan kedua pulau lainnya, disini kita bisa melihat benteng Martello yang berbentuk melingkar yang dibangun pada zaman Belanda sebagai benteng pertahanan.

 Benteng Martello

Wefie di Benteng Martello


pasir putih di sepanjang pantai Pulau Kelor


Pulau Onrust
Menempuh perjalanan dari pulau Kelor menuju Pulau Onrust dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan perahu. Pulau Onrust menyimpan banyak cerita sejarah, reruntuhan karantina haji (Haji pada zaman belanda menggunakan kapal), museum arkeologi,  komplek pemakaman Belanda dan berakhir di makam keramat yang berada di ujung pulau yang konon katanya merupakan makam Kartosuwiryo meskipun masih simpang siur.

 Puing-puing karantina haji
 
 Pengunjung di pulau Onrust

Pulau Cipir
Pada zaman Belanda dibangun jembatan yang menghubungkan antara Pulau Cipir dan Pulau Onrust. di Pulau ini kita bisa melihat puing sisa sisa rumah sakit dan meriam besar didekat dermaga pulau. Disini juga biasa para pengunjung melakukan aktivitas bermandi di pantai.

Dermaga di Pulau Cipir



Puing puing rumah sakit


Sunset di pantai Pulau Cipir


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.